Seputar Peradilan
"Service Excellent" meneladani Rasulullah
Pa-ngawi.go.id, Ngawi – Dihadapan Petugas Pelayanan Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama (PA) Ngawi Yusnardhi Indra (UB Non Finansial) BRI Kanca Ngawi, memberikan materi “Service Excellent”. Dalam sebuah diklat di tempat kerja (DDTK) PA Ngawi, Selasa (08/11/22). Diklat berkelanjutan tersebut memaparkan pelayanan yang prima kepada Masyarakat, dalam hal ini Masyarakat Pencari Keadilan di Pengadilan Agama Ngawi
Petugas PTSP PA Ngawi dengan didampingi Pejabat Kepaniteraan PA Ngawi, menyimak apa yang disampaikan “Bang Yos” (panggilan akrab Yusnardhi). Pria yang telah lama bertugas di Bank BRI di bagian pelayanan selama 17 tahun tersebut, menyampaikan materi atau teori mulai gekstur tubuh, kata-kata hingga apa-apa yang diharamkan ketika posisi melayani masyarakat. “Seperti sambil melayani kok main hape, terus guyon sendiri, kan gak bagus itu”, terang Yusnardhi. “Mereka yang datang ke Pengadilan mungkin berbeda suasana hatinya dengan yang datang ke Bank, lebih galau lah, minimal dengan tersenyum dan memberikan pelayanan yang baik dapat menghibur mereka”, tandasnya
Penyampaian materi yang disampaikan Yusnardhi bisa dibilang kompleks, dengan disampaikan melalui slide hingga sample video namun mudah dicerna dengan gaya santai. Ini adalah materi-materi dalam pelayanan di Bank BRI, namun konsepnya sama, tinggal menyesuaikan dengan keadaan di PA Ngawi, Kata Yusnardhi. Muh Nasikhin, Ketua PA Ngawi yang ikut hadir pun menyambung perkataan Yusnardhi bahwasanya pola-pola pelayanan dapat di sepakati dulu bagaimana sepatutnya, dan memang tidak harus sama dengan petugas Bank. Intinya kembali dalam pola 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) kok, ucap ketua
Usai menyampaikan teori, Yusnardhi memberikan simulasi atau praktik kepada petugas mulai Petugas Informasi, Pendaftaran, Kasir hingga Petugas Pengambilan Produk Pengadilan di langsung di meja pelayananya. Sofatu Rosidah, petugas Kasir PA Ngawi pun nampak mengikuti arahan instruktur, "Assalamualaikum, Saya Ida, maaf ada yang bisa kami bantu?" Sofatu Rosidah pun memperagakan materi yang telah diperolehnya, "Nek mesem ojo nemen-nemen to Bu Ida, ngesir opo piye ucap Lucky (Panmud Hukum) yang mempergakan sebagai pihak berperkara, disambut gelak tawa
Muh Nasikhin dalam sambutan, sebelumnya mengatakan bahwa keramah tamahan sebenarnya merupakan anjuran Rasulullah, jadi dengan meneladani sikap Rasulullah SAW, Insya Allah kita dapat pahala dari Allah SWT, ditambah dengan niat iklhas dan niat ibadah, tuturnya
Diklat di tempat kerja berkelanjutan ini merupakan kerjasama antara Bank BRI Cabang Ngawi dengan Pengadilan Agama Ngawi merupakan proses dalam memaksimalkan pelayanan kepada Masyarakat Pencari Keadilan di Pengadilan Agama Ngawi. Sudah sepatutnya instansi kita yang agamis, memberikan pelayanan yang agamis dan berakhlak pula, ucap Ketua Muh Nasikhin. Kegiatan diklat berdurasi sekitar 1 jam tersebut, akan bergulir kembali di hari mendatang setelah sebelumnya DDTK pelayanan prima telah dilaksanakan bagi Satpam dan driver PA Ngawi. (red.budi)